2014 Kurikulum Baru Berlaku Penuh

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan bahwa Kurikulum 2013 akan berlaku penuh di seluruh Indonesia pada tahun ajaran 2014. Untuk tahun ini, kata dia pemberlakuannya minimal 30 persen tiap wilayah.

“Penerapan yang nggak total itu khusus untuk sekolah dasar atau SD, yakni minimal 30 persen dari SD yang ada di setiap kabupaten, tapi tahun berikutnya (2014) sudah harus 100 persen,” kata Nuh di Malang, Sabtu (19/1/2013).

Ia mengatakan penerapan kurikulum baru tidak menutup kemungkinan lebih dari 30 persen. Menurutnya, penerapan minimal 30 persen karena sumber daya manusia di kementerian terbatas. Namun pada 2014 kurikulum baru sudah berlaku total di seluruh Indonesia.

Ia menjelaskan kriteria 30 persen SD yang memberlakukan kurikulum baru tetap berkeadilan yakni merepresentasikan sekolah negeri dan swasta, serta merepresentasikan akreditasi A, B, dan C.

“Kita memiliki SD sebanyak 148 ribu, karena kalau 30 persen saja sudah ada 48-49 ribu guru SD yang harus dilatih untuk melaksanakan Kurikulum 2013. Itu jumlah yang banyak, sehingga kalau lebih dari itu ada keterbatasan,” katanya.[wan]

Sumber: Antara

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s