Bentuk Karakter Siswa, Mata Pelajaran Agama Ditambah

Mulai Juli mendatang, penambahan jam mata pelajaran agama dari dua jam menjadi empat jam akan diberlakukan. Penambahan jam pelajaran agama diterapkan bersamaan dengan implementasi Kurikulum 2013.

“Implementasi tambahan jam pelajaran agama untuk meningkatkan karakter anak didik. Namanya pun berubah menjadi ‘Pendidikan Agama dan Budi Pekerti’,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Ibnu Hamad, Senin (28/1/2013).

Ibnu menjelaskan penambahan jam pelajaran agama merupakan hasil penilaian masyarakat yang memandang bahwa karakter atau budi pekerti siswa saat ini memprihatinkan karena terlibat tawuran. Karena itu, kata dia masyarakat meminta pendidikan agama perlu ditingkatkan sebagai sarana pembentukan karakter dan budi pekerti.

Sementara itu, pengamat pendidikan, Suparman, menilai penambahan jumlah jam mata pelajaran agama sangat relevan dengan semangat kurikulum 2013. “Kompetensi inti pertama dalam kurikulum 2013 adalah semangat religius maka saya kira relevan sekali penambahan jam agama,” kata Suparman.

Akan tetapi, lanjut Suparman,  bertambahnya jam tatap muka mata pelajaran agama tersebut harus mengutamakan implementasi kemuliaan akhlak oleh anak didik dalam kehidupan sehari-hari. “Bukan hanya sekedar hafalan nilai-nilai saja. Misalkan anak mempraktekkan semangat gotong royong untuk kebersihan lingkungan sebagai wujud dari keimanan,” ujarnya.

Menurut Suparman proses pendidikan tidak bisa dilihat hasilnya secara instan. Perlu waktu untuk melihat hasil pembentukkan karakter melalui pendidikan, baik pendidikan agama maupun pendidikan yang lainnya.

“Tentu semua pihak harus yakin bahwa akan ada perbaikan karakter pasca perubahan proses pendidikan misalnya dengan adanya penambahan jam belajar,” kata Suparman.[wan]

Sumber: republika.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s