Sekolah Swasta Kecipratan Dana BOP

JAKARTA, KOMPAS.com — Kini, bukan hanya siswa sekolah dasar negeri yang bisa merasakan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP). Siswa sekolah dasar swasta pun kecipratan dana BOP.

Menurut Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Pusat Zaenal Soleman, hal ini dikarenakan adanya kenaikan BOP 10 persen pada tahun ini. Pada APBD tahun 2012, dana alokasi untuk BOP pendidikan dasar sebesar Rp 58.696.185.600, sementara APBD untuk tahun ini, meningkat menjadi Rp 65.625.560.000.

Meski anggaran naik, tetapi BOP bagi siswa pendidikan dasar besarannya tetap sama seperti tahun sebelumnya. “Tiap siswa dapat Rp 60 ribu per bulan,” ujar Zaenal, Selasa (5/3/2013).

Selain dana BOP naik, dana untuk sosialisasi BOP di tingkat pendidikan dasar dan menengah juga mengalami peningkatan. Tahun lalu, anggaran untuk dana sosialisasi BOP sebesar Rp 100 juta, tetapi untuk tahun ini, jumlah itu meningkat seratus persen menjadi Rp 200 juta.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di situs resmi pemerintah daerah http://www.jakarta.go.id, sektor pendidikan merupakan sektor yang mendapat jatah APBD paling besar, yaitu 18,38 persen dari total APBD. Jumlah tersebut setara dengan Rp 5,6 triliun yang rencananya akan dialokasikan pada 326 kegiatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s