PENGERTIAN DAN FUNGSI AL QUR’AN

Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw. yang mempunyai fungsi tertentu untuk menjadi peunjuk bagi seluruh manusia dalam menempuh kehidupan di dunia untuk mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

mcdens14

oleh :

ELA SUHAELA

BAB I

PENDAHULUAN

Bacalah dengan nama Tuhanmu. ”Inilah kalimat pertama Al-Quran yang diwahyukan kepada Muhammad. Kalimat itu diwahyukan kepadanya pada saat dia menyendiri dan melakukan perenungan di sebuah gua di luar kota Makkah pada 610 M. saat itu dia berusia empat puluh tahun; dia dikenal bukan sebagai penyair atau ahli beretorika sebagaimana umumnya tokoh-tokoh sezaman atau pernah melibatkan diri dalam permbahasan tentang agama. Dia merasakan pengalaman hidup-mati saat menerima wahyu luar biasa ini, saat didekati oleh sesosok malaikat yang memerintahkannya: ”bacalah!” ketika dia menjelaskan bahwa dia tidak bisa membaca, sang malaikat mendekapnya dengan kuat dan mengulangi perintah itu sebanyak dua kali. Setelah itu, barulah malaikat itu membacakan kepadanya dua baris aya pertama al-Quran di mana konsep”membaca”,”belajar/memahami”dan”pena”disebutkan sebanyak enam kali (QS. Al’alaq [96]: 1-5).

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, yang mengajar…

Lihat pos aslinya 2.833 kata lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s